Bombastikkabausirah.com – Minggu (11/07/2021)

Berikut prediksi Italia melawan Inggris di Final Euro 2020, yang akan dimainkan pada Senin (12/7) dini hari WIB Italia vs Inggris, siapa akan berjaya di Final Euro 2020?

Euro 2020, yang digelar pada tahun 2021 lantaran terimbas pandemi, segera menghajat partai puncaknya. Italia dan Inggris akan saling berhadapan di Wembley.

Salah satu statistik mentereng yang dimiliki kedua tim dalam lajunya ke final adalah catatan defensifnya masing-masing. Gawang Italia clean sheet sepanjang fase grup dan sejauh ini baru bobol tiga kali.

Sedangkan gawang Inggris pun perawan di fase grup dan baru kebobolan satu kali saat menghadapi Denmark di semifinal.

Catatan itu bisa jadi membuat laga ini akan berjalan sengit dan alot. Tapi tentu saja sebuah laga final, termasuk Italia vs Inggris untuk Final Euro 2020 nanti, selalu sukar ditebak.

Secara psikologis, Inggris akan amat berambisi menjadi juara berkat momen main di stadion sendiri dalam penampilan finalnya yang pertama dalam sebuah turnamen besar untuk kurun waktu 55 tahun.

Sekaligus meraih gelar juara yang pertama kalinya di Piala Eropa. Football’s coming home bertekad diwujudkan. Ini bisa memotivasi, atau malah membebani.

Sementara Italia pun memiliki masa penantian 53 tahun sejak kali terakhir jadi kampiun Eropa. Dengan kenangan getir gagal lolos ke putaran utama Piala Dunia 2018 juga masih membekas.

Gli Azzurri juga punya misi tersendiri. Football’s coming to Rome hendak direalisasikan. Lagi-lagi, seperti halnya Inggris, hal itu bisa jadi melecut semangat atau malah jadi tekanan.

Lalu ada pula sosok peracik taktik kedua kubu, yang sama-sama mantan pemain andal pada eranya. Ada Roberto Mancini di Italia dan Gareth Southgate di Inggris.

Semasa bermain dulu, Mancini sudah dua kali gagal ke final bersama Italia yakni di Piala Eropa 1988 dan Piala Dunia 1980. Sedangkan Southgate adalah penendang penalti kelima yang gagal melakukan tugasnya buat Inggris dalam semifinal Euro 1996 lawan Jerman.

Dengan materi tim relatif berimbang, dan bumbu-bumbu masa lalu, tak sedikit yang memberi perdiksi untuk laga ini ada jaminan bakal berjalan seru.

Performa Italia di lima laga terakhir

Italia vs Spanyol: 1 – 1
Belgium vs Italia: 1 – 2
Italia vs Austria: 2 – 1
Italia vs Wales: 1 – 0
Italia vs Swiss: 3 – 0

Performa Inggris di lima laga terakhir

Inggris vs Denmark: 2 – 1
Ukraina vs Inggris: 0 – 4
Inggris vs Jerman: 2 – 0
Republik Ceko vs Inggris: 0 – 1
Inggris vs Skotlandia: 0 – 0

Italia: Donnarumma; Di Lorenzo, Bonucci, Chiellini, Emerson; Jorginho, Barella, Verratti; Chiesa, Immobile, Insigne

Inggris: Pickford; Walker, Stones, Maguire, Shaw; Rice, Phillips; Saka, Mount, Sterling; Kane

Duel final ini sangat potensial untuk berjalan alot. Kedua tim pada dasarnya punya catatan defensif sangat jempolan walaupun ada pertanyaan mengenai performa kiper Inggris Jordan Pickford di semifinal.

Di sisi lain, kedua tim juga punya lini ofensif menawan. Ada sejumlah pemain Italia yang siap memberikan ancaman, sementara Inggris punya kelincahan Saka dan Sterling dalam menopang Kane yang sedang dalam tren positif.

Baik Italia maupun Inggris sama-sama punya amunisi mumpuni untuk memaksimalkan potensi kelengahan lawan, sekecil apapun, untuk bikin gol. Bukan tidak mungkin ada skor imbang sampai dengan extra time, untuk kemudian membawa laga ini lanjut ke adu penalti.

Jika sampai adu tos-tosan, Donnarumma cs mungkin akan lebih unggul ketimbang Pickford dkk. Salah satunya berkat pengalaman Italia menyisihkan Spanyol lewat adu penalti di babak semifinal.

○○○○

Sumber : detiksport.com

Pict : 📷 @euro2020