Bombastikkabausirah.com – Tim verifikasi PT. Liga Indonesia Baru (PT.LIB) mulai turun kelapangan untuk memverifikasi stadion-stadion yang akan dijadikan kandang klub-klub peserta Liga 1 Indonesia 2019.

Program ini memang adalah program atau agenda tahunan mejelang bergulirnya liga. Dalam tahap awal ini, tim verikasi mulai mengunjungi kandang Borneo FC yaitu Stadion Segiri, Samarinda, Kalimantan Timur, Kamis (18/4).

Kemudian markas PSM Makassar, Stadion Andi Mattalata, Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (19/4). Berikut temuan atau masukan yang diberikan tim verifikasi terhadap Stadion Segiri dan Stadion Andi Mattalata.

1. Stadion Segiri Samarinda (Borneo FC)

Dalam kunjungan tim verifikasi ke Stadion Segiri ini, mereka memberikan masukan untuk perbaikan hampir disemua fasilitas Stadion.

Tetapi yang paling mencolok adalah, ruang loker pemain, lapangan dan lampu stadion. Hal ini penting bagi PT.LIB untuk menilai apakah markas Borneo FC siap untuk mengikuti kompetisi Liga 1 Indonesia 2019 atau tidak.

“Banyak yang mereka lihat, seperti tribune, loker pemain dan wasit, lapangan, lampu stadion dan banyak yang lainnya,” kata Ariansyah Ari, sekretaris Borneo FC kepada media, dikutip dari laman resmi klub.

2. Stadion Andi Mattalata ( PSM Makassar)

Untuk Stadion Andi Mattalata, markas PSM Makassar, tim verifikasi lebih menitik beratkan ke masalah penerangan atau lampu stadion. Tim verifikasi PT.LIB, Somad, tak menampik hal itu.

“PSM berencana bakal membenahi lampu-lampu stadion dalam waktu dekat ini. Jadi kita tunggu kapan selesainya langkah tersebut dilakukan,” ungkap Somad kepada media sindonews makassar, Jumat (29/4).

Dia menjelaskan, usai pergantian lampu dilakukan, pihaknya akan menunggu pemberitahuan dari manajemen PSM Makassar. “Baru setelah itu kita akan kembali lakukan verifikasi,” lanjutnya.

Selain lampu, Somad menyebut fasilitas lain tak ada persoalan. Utamanya kualitas lapangan yang dinilai cukup bagus.

“Dibanding tahun-tahun sebelumnya, lapangan sangat baiklah kondisinya. Permukaan tidak lembek dan juga tidak keras,” tutup Somad.

3. Stadion Gor H. Agus Salim ( Semen Padang FC)

Sejauh ini Stadion Gor H. Agus Salim (GHAS) telah mencoba memperbaiki rumput lapangan, apakah nanti sesuai standar tim verifikasi PT.LIB atau tidak, layak kita nantikan.

Kemudian untuk penerangan atau lampu stadion masih perlu penambahan. Sebagai informasi lampu untuk stadion Liga 1 yakni 800 lux. Sedangkan Stadion GHAS berkisaran di 600an lux.

Tapi sekarang sudah dibuatkan dudukan untuk lampu tambahan. Dudukan ini di siapkan disemua (keempat) tower lampu stadion. Semoga saja ini juga selesai tepat pada waktunya.

Kemudian fasilitas lain yang belum tersentuh, tribune, loker pemain dan wasit, toilet dan lain-lain masih butuh perbaikan dan perapian. Semoga saja GHAS layak untuk menggelar pertandingan Liga 1 Indonesia 2019 dan tim Kabau Siarah Kebanggaan Urang Awak tidak menjadi tim musafir.