Bombastikkabausirah.com – (Senin, 12/10/2020)

Setelah gagal kembali digulirkan pada 1 Oktober 2020, hingga detik ini lanjutan Liga 1 Indonesia 2020 belum ada kejelasan maupun kepastian.

PSSI dan PT LIB selaku pengelola Liga 1 Indonesia, sebelumnya menyatakan kompetisi ditunda sampai sebulan. Artinya, diharapkan lanjutan Liga 1 Indonesia 2020 akan bisa digulirkan November nanti.

Sebelumnya Liga 1 batal digelar hanya H-2 sebelum laga perdana gara-gara tak dapat izin dari kepolisian. Nah, PT LIB selaku penyelenggara merencanakan kembali mengumpulkan pengurus atau pengelola klub Liga 1 dan Liga 2 Indonesia untuk rapat membahas kelanjutan kompetisi.

Rapat penting ini akan digelar pada 13 Oktober 2020. Rapat inilah yang akan menjadi penentu nasib Liga 1 maupun Liga 2 Indonesia.

“Rencananya PT LIB akan kembali menggelar rapat bersama semua perwakilan klub. Rencana rapat ini akan digelar 13 Oktober 2020,” kata Sekum Bali United Michael Gerald seperti yang kami kutip Tribun Bali, Jumat (9/10).

Gerald mengatakan belum disampaikan rencana rapat ini digelar bertatap muka atau secara dalam jaringan (daring).

“Belum disampaikan oleh PT LIB, apakah rapat daring atau tatap muka. Kami masih menunggu pemberitahuan selanjutnya,” jelasnya

Gerald juga mengatakan, PT LIB juga menggelar pertemuan ketika Liga 1 Indonesia 2020 diumumkan ditunda pada 29 September lalu. Saat itu pertemuan dilakukan di Yogyakarta karena saat itu beberapa klub telah berada di Yogyakarta.

“Saat itu ada pertemuan pasca diumumkan liga tunda sebulan hingga November. Masukan dari saat itu, kalau bisa liga bisa kembali digelar secepatnya,” kata Gerald.

Di sejumlah negara di Asia dan Eropa, kompetisi sepak bola telah digelar kembali di tengah pandemi Covid 19 dengan disiplin menjalankan prokotokol kesehatan. Di Indonesia, hingga saat ini liga belum digulir. Waktu efektif tersisa dua bulan lagi untuk menutup tahun 2020.

Sementara PT LIB sebelumnya menjadwalkan Liga 1 berjalan selama 4 bulan, dengan jadwal pertandingan yang padat. Sebelum dihentikan akibat pandemi, Liga 1 2020 baru memainkan tiga laga. Itu artinya pertandingan masih tersisa 31 pekan bagi 18 tim Liga 1.

Jika jadi digelar November, Liga 1 baru berakhir bulan Februari atau Maret 2021. Bila gagal lagi digelar November, kemungkinan Liga 1 2020 tak bisa dilanjutkan lagi.

Pasalnya, bila ditunda lagi ke Desember, maka waktu kian sempit dan tidak memungkinkan. Liga 1 bisa baru tuntas bulan Maret atau April 2021. Sementara PSSI dan pemerintah harus mempersiapkan gelaran Piala Dunia U-20 pada Mei 2021 serta libur Lebaran.

Sumber : tribunbali.com

Pict : 📷 radar bali