Sudah sekitar dua pekan tim Semen Padang FC melakukan pembentukan tim, untuk menyonsong atau menghadapi Liga 1 Indonesia musim 2019.

Tim bentukan ini akan diturunkan di turnamen pramusim yaitu Piala Presiden, dimana tim berjuluk Kabau Sirah akan main di grup B, di Stadion Patriot Candrabhaga, Kabupaten Bekasi, menghadapi tiga klub lainnya.

Bhayangkara FC, Bali United dan Mitra Kukar. Total turnamen pramusim ini di ikuti 20 klub, yang terbagi ke dalam lima grup dan lima venue.

Coach Syafrianto Rusli (SR) mengaku, belum bisa mengukur perkembangan timnya saat ini. Karena mereka masih sebatas melakukan latihan internal tim dan belum ujicoba dengan tim lain.

Pada saat ujicoba dengan tim PPLP Sumbar, dan main dua Leg di Piala Indonesia melawan Ps. Tira (yang kini berganti nama Tira Persikabo) tim Semen Padang FC belum selengkap saat ini.

Namun demikian proses adaptasi pemain lama dan pemain baru, sudah berjalan lancar dan baik. Hal ini seiring seringnya mereka (para pemain) melakukan latihan bersama.

Setelah fokus pada kondisi fisik, pekan ini tim Urang Awak asuhan coach SR akan fokus pada latihan taktikal dan kerja sama tim.

Selain itu, jelang bergulirnya Piala Presiden, tim Kabau Sirah belum menemukan tim untuk uji coba. Coach SR mengharapkan mendapatkan lawan tanding sesama kontestan Liga 1. Agar ia dapat melihat perkembangan tim secara penuh dan bisa menentukan sistim permainan untuk Piala Presiden.