Bombastikkabausirah.com – Formasi 3-4-3 boleh dibilang formasi baru bagi tim berjuluk Kabau Sirah tersebut. Formasi ini baru dicoba oleh pelatih kepala Semen Padang FC saat beruji coba melawan KS Tiga Naga.

Formasi ini sebenarnya sangat fleksibel, karena bisa berubah 3-2-5 saat menyerang dan 5-2-3 saat bertahan. Dalam bentukan formasi seperti ini yang paling bekerja keras adalah dua gelandang sayap dan dua gelandang bertahan. Sebab dari gelandang bertahanlah serangan maupun pertahanan bermula.

Untuk gelandang sayap kanan dan kiri sepertinya sangat cocok ditempati Syaiful Indra Cahya dan Boaz Atururi, selain punya kecepatan mereka berdua juga punya passing dan crossing yang cukup akurat. Saat dua sayap ini naik, artinya tim lawan benar-benar berada dalam tekanan, sebab bek kiri-kanan lawan harus menghadapi dua pemain sayap Semen Padang FC sekaligus.

Sedangkan gelandang tengah atau gelandang bertahan, adalah bagian yang harus memulai serangan disaat membangun serangan dan menjadi yang petama memutus serangan lawan disaat bertahan.

Untuk posisi ini pelatih Syafrianto Rusli punya banyak pilihan diantaranya, Mario Barcia, Rudi, Jose Sardon, Manda Cingi, Fridolin Yoku dan Rosad Setiawan. Semuanya layak dicoba.

Formasi ini cukup menguntungkan untuk posisi penyerang sayap kiri dan kanan, sebab jika dalam keadaan bertahan mereka tidak perlu terlalu jauh turun kebawah, cukup di setengah lapangan. Sebab yang turun membantu pertahanan adalah dua gelandang sayap. Hal ini tentu dapat menghemat stamina bagi Irsyad Maulana dan Dedi Hartono jika mereka berdua yang menempati posisi penyerang sayap tersebut.

Dan terakhir yang paling utama adalah tiga bek tengah harus benar-benar tangguh dalam mengantisipasi serangan lawan. Mereka harus memiliki komunikasi dan perhitungan yang baik, agar pertahanan mereka tidak mudah ditembus oleh lawan. Untuk posisi ini pantas dicoba Agung Prasetyo, Shukurali Pulatov dan Dedi Gusmawan.

Pantas kita nantikan, sejauh mana berkembang dan efektifnya formasi ini di tangan pelatih Syafrianto Rusli dalam mengarungi Liga 1 Indonesia 2019.

Berikut susunan pemain terbaik dalam formasi 3-4-3 Syafrianto Rusli.

Penjaga Gawang

Teja Paku Alam/Rendy Oscario

Belakang

Agung Prasetyo Shukurali Pulatov Dedi Gusmawan

Tengah

Syaiful Indra Cahya Jose Sardon Mario Barcia Boaz Atururi

Depan

Dedi Hartono KM Barthelemy Irsyad Maulana