Semifinal Piala AFF U22, Kejutan Tuan Rumah Dan Kekhawatiran Indra Syafri

Kejutan Tuan Rumah

Piala AFF U22 di Kamboja telah memasuki babak semifinal, dimana kejutan dibuat oleh Kuda Hitam Kamboja selaku tuan rumah.

Bagaimana tidak, tim yang dari semula tidak diunggulkan lolos ke semifinal. Lebih istimewanya, Kamboja tak hanya sekedar lolos, tapi lolos sebagai predikat juara grup B setelah meraih 6 poin, hasil dua kali menang dan satu kali kalah.

Kejutan pertama di buat Kamboja saat mampu mengalahkan Harimau Malaya dengan skor tipis 1-0. Kemenangan kedua terjadi saat tim dari Negeri Seribu Pagoda itu diluar dugaan mampu mengalahkan Myanmar dengan skor 2-0.

Barulah di pertandingan terakir Kamboja mengalami kekalahan 0-2 dari Indonesia. Meskipun demikian, Kamboja tetap menjadi juara grup B karena telah mengantongi 6 poin, sedangkan Indonesia hanya 5 poin hasil dua kali imbang dan sekali menang.

Dibabak semifinal Kamboja akan ditantang Raksasa Asia Tenggara, Thailand. Thailand lolos ke semifinal sebagai predikat runner-up grup A, hasil dua kali menang, vs Timor Leste 1-0 dan vs Philipina 3-0 dan sekali imbang vs Vietnam 0-0. Sejatinya nilai Thailand sama dengan Vietnam (7 poin), tapi Tim Gajah Putih itu kalah produktifitas gol.

Kekhawatiran Indra Syafri

Sementara itu, semifinalis lainnya adalah Vietnam vs Indonesia. Vietnam lolos setelah keluar sebagai juara grup A, setelah mendapatkan 7 poin hasil dua kali menang vs Philipina 2-1 dan vs Timor Leste 3-0 dan sekali imbang vs Thailand 0-0. Vietnam keluar sebagai juara grup A setelah menang produktifitas gol melawan Thailand.

Sedangkan Indonesia lolos ke semifinal setelah menjadi runner-up grup B, hasil dua kali imbang vs Myanmar 1-1 dan vs Malaysia 2-2 dan satu kali menang vs Kamboja 2-0.

Satu kekhawatiran coach Indra Syafri jelang laga semifinal melawan Vietnam adalah terhadap segala kemungkinan yang terjadi, termasuk jika terjadi babak adu penalti. Pelatih asal Sumatera Barat itu mengaku sudah mengantisipasi segala hal yang akan terjadi pada partai semifinal nanti, Minggu, (24/2).

“Kami mempersiapkan segala kemungkinan. Termasuk adu penalti,” kata coach Indra Syafri seperti yang dirilis PSSI.

“Karena pertandingan besok (hari ini: red) sudah main dengan sistem tersebut kalau laga berakhir imbang, makanya kami memberikan menu itu pada latihan,” ujarnya menambahkan.

Selain itu tim Garuda Muda juga minus Andi Setyo yang absen karena cedera yang ia dapat saat melawan Kamboja. “Hari ini (Sabtu, 23/2) semua ikut latihan kecuali Andy yang mengalami cedera. Sepertinya bisa absen sampai final,” ucapnya mengakhiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *