Bombastikkabausirah.com – (Minggu, 18/04/2021)

Hasil Persija Jakarta vs PSM Makassar di Stadion Manahan dalam lanjutan leg kedua Semifinal Piala Menpora 2021 ditentukan melalui adu penalti lantaran selama 90 menit bertahan skor imbang tanpa gol.

Babak Pertama (I)

Persija Jakarta tampil menyerang sejak wasit Aprisman Aranda memulai babak pertama. Penyerangan Persija Jakarta dimotori oleh pergerakan dua winger lincah yang ditempati oleh Osvaldo Haay dan Riko Simanjuntak.

Serangan klub berjuluk Macan Kemayoran menghasilkan tendangan sudut di menit 9 yang dieksekusi oleh Marc Klok. Namun kesempatan ini harus sirna karena wasit memutuskan ada dorongan pemain Macan Kemayoran kepada bek lawan.

PSM Makassar kini berbalik menyerang pertahanan Persija Jakarta yang digalang duet Otavio Dutra bersama Yann Motta. Yakob Sayuri menebar ancaman pertahanan Macan Kemayoran dengan tendangan spekulasi pada menit 18.

Tendangan Yakob Sayuri dari luar kotak penalti tersebut masih melambung dari gawang Andritany. Berselang beberapa menit kemudian, Yakob Sayuri masih menjadi momok berbahaya dengan mengkreasikan serangan PSM Makassar.

Kali ini di menit 20, Yakob bergerak di lini sayap dan mencoba dengan umpan lambung ke dalam kotak penalti. Umpan lambung yang dikirimkan Yakob Sayuri gagal dimanfaatkan oleh Patrich Wanggai.

Persija Jakarta tak tinggal diam dengan gantian menyerang lewat akselerasi Riko yang harus dijatuhkan pemain PSM Makassar. Riko Simanjuntak dijatuhkan di batas kotak penalti PSM dan wasit memberikan tendangan bebas.

Marc Klok yang melaju sebagai eksekutor tendangan bebas mengarahkan umpan lambung ke jantung pertahanan lawan. Sayangnya umpan lambung ini bisa diamankan oleh kiper PSM Makassar, Hilman Syah yang menangkapnya dengan sempurna.

Sempat terjadi kemelut di pertahanan PSM Makassar dan coba dimanfaatkan dengan tendangan spekulasi Alfath Fathier pada menit 25. Bola hasil tendangan spekulasi Alfath mengarah tepat ke arah Hilman Syah berdiri.

Pengadil lapangan mengeluarkan kartu kuning kedua dari sakunya pada menit 27 kepada Patrich Wanggai. Kartu kuning sebelumnya diberikan untuk bek sayap Persija Jakarta, Alfath Fathier.

Selepas cooling break, Persija Jakarta mendapatkan kesempatan pada menit 36 melalui tendangan bebas. Pasukan Sudirman mendapat tendangan bebas lantaran pelanggaran yang dilakukan bek sayap PSM Makassar Abdulrahman.

Pelanggaran Abdulrahman kepada Riko Simanjuntak diberikan hadiah kartu kuning oleh pengadil lapangan. Kesempatan tendangan bebas ini yang dieksekusi oleh Riko Simanjuntak tidak membuahkan serangan berbahaya.

Dua menit berselang, Hasim Kipuw menjadi pemain PSM Makassar ketiga yang menerima kartu kuning hasil dari melanggar Marc Klok. Kartu kuning Hasim Kipuw menjadi momen terakhir di babak pertama yang masih bertahan imbang 0-0.

Babak Kedua (II)

.
Pada babak kedua, tepatnya pada menit ke-53, PSM melakukan dua pergantian pemain. Rizky Eka masuk menggantikan Zulham Zamrun, lalu Patrcih Wanggai digantikan oleh Saldy.

Persija mendapat peluang pada menit ke-57. Bermula dari tendangan bebas Marc Klok, Osvaldo Haay melakukan sundulan. Namun, sundulan Osvaldo masih lemah dan bola bisa ditangkap oleh kiper PSM Hilmansyah.

Persija menarik keluar Alfath Fathier dan memasukkan pemain muda Nico. Macan Kemayoran, julukan Persija, menekan PSM via pergerakan para pemain sayapnya.

Mendapat tendangan pojok yang dieksekusi oleh Riko, bola kemudian mengarah kepada Yan Motta yang melakukan sundulan. Akan tetapi, usaha Persija itu masih diamankan oleh kiper PSM Hilmansyah.

Menit ke-88, PSM mengancam Persija lewat Yakob. Dia melakukan tendangan di luar kotak penalti yang mengarah gawang Persija. Namun, tendangan Yakob masih bisa ditepis oleh kiper Andritany. Setelah itu, hingga waktu normal usai, tak ada gol tercipta. Laga berlanjut ke adu penalti.

Adu Penalti

Dalam babak adu penalti, Marko Simic yang melaju sebagai eksekutor pertama berhasil ditepis dengan satu tangan oleh kiper PSM Makassar, Hilman Syah.

Berbeda halnya dengan eksekutor penalti pertama PSM Makassar yang dilakukan Hasim Kipuw mampu menjebol gawang Andritany.

Rohit Chand memberikan gol untuk Persija Jakarta usai tendangan merangsek ke gawang Hilmansyah. Sedangkan Rasyid Bakrie juga demikian sukses melaksanakan tugasnya.

Penendang ketiga, Yann Motta menyumbang gol dan PSM Makassar yang diwakilkan Abdul Rahman gagal membobol jala Andritany.

Novri Setiawan menyusul kegagalan Simic. Sutanto dengan langkah santai mengecoh Andritany untuk membawa gol PSM Makassar.

Penendang kelima Persija Jakarta Marc Klok sanggup membobol gawang mantan timnya sedangkan Yakob gagal menuntaskan tugasnya yang bolanya melambung di atas gawang.

Sandi Sute menjadi pemain ketiga Persija Jakarta yang tendangannya dimentahkan Hilman Syah. Begitupun Zulham bola eksekusinya gagal seperti Yakob Sayuri.

Riko Simanjuntak pun menyusul ketiga pemain Persija Jakarta yang digagalkan oleh Hilman Syah. Sama halnya dengan Andritany yang berhasil mementahkan tendangan pemain PSM Makassar.

Persija Jakarta berhak ke Final Piala Menpora 2021 setelah tendangan Toni Sucipto gol sedangkan Zulkifli gagal menyelamatkan langkah PSM Makassar.

Daftar Susunan Pemain

Persija Jakarta

Andritany; Alfath Fathier, Otavio Dutra, Yann Motta, Novri Setiawan; Toni Sucipto, Rohit Chand, Marc Klok; Riko Simanjuntak, Osvaldo Haay, Marko Simic.

PSM Makassar

Hilman Syah; Zulkifili Syukur, Erwin Gutawa, Hasim Kipuw, Abdul Rahman; Rasyid Bakrie, M Arfan, Sutanto, Rizky Eka; Yakob Sayuri, Patrich Wanggai.

○○○○

Tim bombastikkabausirah.com

Pict : bola.com