Sempat Unggul Lebih Dulu, Timnas U-19 Di Hukum Penalti Dimenit Akhir

Bombastikkabausirah.com (Senin, 21/09/2020)

Timnas Indonesia U-19 harus puas bermain imbang melawan Qatar pada laga uji coba di Stadion Velika Gorica, Zagreb, Kroasia, Minggu (20/9) malam WIB. Sebelumnya Indonesia mampu menang dramatis atas Qatar.

Berbeda dari pertandingan sebelumnya, kali ini Timnas U-19 tampil lebih percaya diri dan terorganisir. Boleh dibilang, nampak ada peningkatan dari penampilan para pemain Garuda Muda dalam pertandingan ini.

Babak Pertama (I)

Qatar sebenarnya sering memberi tekanan ke Indonesia, namun upaya mereka masih bisa ditangkal oleh barisan belakang Indonesia yang tampil lebih rapi dalam laga ini. Adi Satryo di bawah mistar gawang juga tampil cukup sigap mengambil keputusan.

Keberadaan Beckham Putra yang tampil pertama kali sebagai starter sepanjang TC Kroasia cukup menjanjikan. Umpan terobosan pemain Persib Bandung ini memanjakan Witan Sulaeman di sayap atau Saddam Gaffar sebagai striker sentral.

Meski kedua tim saling mampu memberikan serangan pada pertandingan ini, namun babak pertama berakhir alot untuk kedua tim, sebagaimana tidak ada gol yang terjadi.

Babak Kedua (II)

Ketika babak kedua dimulai, pergantian pemain pun dilakukan oleh Shin Tae-yong. Seperti mengganti Beckham dengan David Maulana. Sama seperti paruh pertama, Indonesia percaya diri untuk tampil menyerang.

Setelah berulang kali mencoba tanpa menyerah, lemparan jauh Pratama Arhan akhirnya bisa berujung gol untuk Indonesia. Lemparan ke dalam dari Arhan disambut dengan baik oleh Saddam Gaffar, yang sundulannya menyasar ke tiang jauh dan menghasilkan keunggulan 1-0 untuk Indonesia, menit 63’.

Keunggulan Indonesia membuat Qatar makin ngotot mencari gol, pemain Indonesia pun kerap melakukan pelanggaran di daerah berbahaya, beruntung tidak ada tendangan freekick yang membuat repot penjaga gawang Merah-Putih.

Pemandangan unik terlihat pada menit ke-70, ketika bangku cadangan Indonesia seakan menaruh harapan tiap kali Arhan akan melakukan lemparan ke dalam. Qatar pun makin waspada dengan potensi bahaya yang bisa dihasilkan oleh lemparan Arhan.

Waktu tersisa 15’ menit, dan Qatar melakukan tiga pergantian sekaligus, semuanya di sektor serang. Mengartikan bahwa mereka tak mau sampai menelan kekalahan untuk kali kedua. Menit 80’, Brylian Aldama terjatuh dengan posisi yang salah, dan kondisi tak terlihat baik.

Brylian melanjutkan pertandingan usai mendapat perawatan, namun terlihat sesekali memegang pinggangnya yang sakit. Lini tengah hingga belakang Indonesia, sudah mulai fokus menjaga pertahanan, pada lima menit akhir laga.

Sayang, Qatar mendapatkan penalti setelah pemainnya dilanggar oleh Rizky Ridho di kotak terlarang. Al Tajri sebagai eksekutor mampu menyamakan kedudukan dari titik putih pada menit 90’, meski Adi sudah menebak arah dengan baik.

Waktu tambahan empat menit ditetapkan ofisial pertandingan. Indonesia tak mau imbang, anak-anak kembali berusaha mencari gol kemenangan, namun partai ini akhirnya selesai sama kuat, 1-1.

Susunan Pemain Indonesia U-19: Adi Satryo; Bagas Kaffa, Rizky Ridho, Komang Teguh, Arhan Pratama; Witan Sulaeman, Beckham Nugraha Putra, Brylian Aldama, Supriadi; Saddam Gaffar, Braif Fatari.

○○○○

Sumber : goal.com

Pict : ? @pssi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *