Bombastikkabausirah.com – Selasa (29/06/2021)

PSSI harus menunda agenda pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia U-18 yang disiapkan untuk Piala Dunia U-20 2023. Sejatinya, PSSI berencana memulai TC pada hari ini, Senin (28/6) hingga 15 Juli mendatang. Sang pelatih, Shin Tae-yong, bahkan sudah memanggil 144 pemain untuk ikut serta dalam TC itu.

“TC Timnas Indonesia U-18 direncanakan hingga 15 Juli mendatang dan diikuti sebanyak 144 pemain. TC ini juga ada sistem promosi dan degradasi untuk pemain,” kata Sekjen PSSI, Yunus Nusi, dikutip dari laman resmi PSSI.

“Kami ingin membentuk tim yang solid agar bisa bersaing di Piala Dunia U-20 2023 mendatang, oleh karena itu persiapan dimulai dari bulan ini,” jelasnya.

Namun, kini PSSI terpaksa mengubah agenda tersebut lantaran Shin Tae-yong harus kembali ke Korea Selatan. Pelatih 52 tahun itu belum bisa memimpin pemusatan latihan Timnas Indonesia U-18 Indonesia karena harus menjalani pemeriksaan medis di Negeri Ginseng. Shin Tae-yong sendiri kabarnya sudah berada di Korea Selatan dan sudah meminta izin kepada PSSI supaya menunda TC Timnas Indonesia U-18.

“Melihat kondisi dan rekam jejak kesehatan Shin Tae-yong maka dengan alasan kemanusiaan, Ketua Umum PSSI (Mochamad Iriawan) memahami dan menyetujui kepulangannya,” kata Yunus Nusi dilansir dari laman resmi PSSI.

“Kita ketahui, selain TC Timnas Indonesia U-18, juga ada banyak agenda timnas lainnya yang sudah menanti kedepannya dan butuh kehadiran Shin Tae-yong,” kata Yunus Nusi.

Yunus Nusi menjelaskan, pihaknya belum mengetahui secara pasti kapan pemusatan latihan Timnas Indonesia U-18 akan digelar kembali.

“Dengan ini kami menunggu update road map terbaru lagi dari Shin Tae-yong sembari menjalani pengobatan di Korea Selatan.”

“Kami berharap pelatih Shin Tae-yong cepat sembuh dan segera kembali melatih Timnas Indonesia,” kata Yunus Nusi.

Seperti diketahui, kondisi kesehatan Shin Tae-yong sempat memburuk pada Maret lalu usai tertular Covid-19. Setelah sembuh dari Covid-19, mantan pelatih timnas Korea Selatan itu justru menderita penyakit paru-paru yang membahayakan kesehatannya.

Akibatnya, Shin Tae-yong harus menjalani perawatan intensif di negeri asalnya. Bahkan, saat itu keluarga Shin Tae-yong harus menyewa ambulans pesawat untuk menerbangkan sang pelatih ke Korea Selatan.

Kini, Shin Tae-yong pulang ke negara pencipta K-Pop itu bersama dengan empat asistennya, yaitu Choi In-cheul, Kim Woo-jae, Kim Hae-won, dan Lee Jae-hong.

○○○○

Sumber : bolasport.com

Pict : 📷 google.com