STY Beberkan Kriteria Pemilihan Pemain Untuk Skuad Piala Dunia U-20

Bombastikkabausirah.com – Sabtu (05/03/2022)

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong, mengaku punya kriteria khusus untuk memilih pemain yang tampil di Piala Dunia U-20 2023. Ada dua kriteria wajib, yakni kekuatan fisik dan mental.

Bagi Shin Tae-yong, dua hal itu harus dimiliki para pemain Timnas U-19 karena calon lawan di Piala Dunia U-20 pasti punya kualitas terbaik dan unggul postur tubuh. 

Selain itu, pelatih berusia 51 tahun tersebut harus melakukan beberapa perbaikan mengingat masih ada kekurangan dari anak asuhnya di Timnas Indonesia U-19. 

“Kami sedang persiapan juga supaya bisa punya fisik dan mental kuat setelah ini,” kata Shin Tae-yong kepada awak media, Jumat (4/3).  

“Tapi bukan hanya satu hal. Banyak hal perlu diperbaiki karena lawan nanti di Piala Dunia U-20 2023 pasti secara postur tubuh lebih unggul, jadi kami harus memperkuat fisik,” cetusnya.

Lebih lanjut, Shin Tae-yong mengatakan belum punya rencana mencari dan memanggil pemain keturunan untuk masuk skuat Piala Dunia U-20 2023.

Dia memilih fokus memimpin pemusatan latihan (TC) di Jakarta dan akan dilanjutkan ke kampung halamannya, Korea Selatan, selama sebulan mulai pekan depan. 

“Susah dijelaskan secara detail, tapi saat ini yang dalam persiapan naturalisasi untuk proyeksi timnas senior,” tutur Shin Tae-yong.

Saat ini, Shin Tae-yong memanggil 40 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19. Mereka dipersiapkan menjalani beberapa laga uji coba di Negeri Ginseng, termasuk melawan tim Korea Selatan U-20. 

Shin Tae-yong sejauh ini fokus mendata dan membenahi fisik Ronaldo Kwateh dkk. Pada latihan perdana, dua hari lalu, mantan juru taktik Seongnam FC itu meminta para pemain berlari dan mengukur ketahanan fisik serta kadar oksigen lewat beep test.

○○○○

Sumber : indosport.com

Pict : 📷 @pssi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *