Bombastikkabausirah.com – Senin (31/05/2021)

PSSI baru saja menyelesaikan kongres tahunan 2021 di Hotel Raffles, Jakarta, Sabtu (29/5). Kongres dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainuddin Amali. Hadir juga Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan dan Ketua KONI, Marciano Norman.

Kongres ini juga dihadiri 87 voters se-Indonesia. Mereka adalah, 34 Asosiasi Provinsi (Asprov), 18 klub Liga 1, 16 Liga 2, 16 klub Liga 3, Asosiasi Sepakbola Wanita, Asosiasi Futsal Indonesia dan Asosiasi Pelatih Indonesia.

Terdapat sejumlah keputusan penting yang ditetapkan pada kongres kali ini, baik untuk Liga 1 maupun Liga 2 Indonesia 2021. Diantaranya adalah kepastian bergulirnya Liga yang secara verbal telah memdapatkan izin. Kemudian diberlakukan sistem promosi dan degradasi membuat kompetisi lebih menarik.

Sementara itu, mengenai format Liga 2 Indonesia 2021, yang mana akan di memakai format Home Tournament yang mana 24 tim Liga 2 Indonesia 2021 dibagi kedalam 4 grup. Dan masing-masing grup akan dihuni 6 klub.

Juara dan runner-up masing-masing grup melaju kebabak semifinal, pemenang semifinal akan maju kebabak final dan dipastikan juga dua tim yang tampil dibabak final sudah mengantongi jatah promosi ke Liga 1.

Dua tim yang kalah di semifinal akan saling berhadapan dibabak play-off untuk memperebutkan satu tiket promosi terakhir ke Liga 2. Menanggapi hasil kongres ini, Effendi Syahputra manager Semen Padang FC yang juga merupakan voters sangat mengapresiasi hasil kongres kali ini.

“Kita apresiasi Liga akhirnya berjalan sesuai dengan keinginan kita yaitu dengan sistem promosi dan degradasi. Dengan ini tentunya semua tim akan serius menyiapkan tim dan kualitas dari sebuah kompetisi akan terjamin,” ujar Effendi, Minggu (30/5), seperti yang kami kutip dilaman resmi klub.

“Menanggapi sistem 4 grup dalam hasil kongres, Semen Padang FC dalam pertemuan Manager Meeting nanti ingin mengusulkan, agar kompetisi kembali ke format awal yaitu 12 Wilayah Barat dan 12 Wilayah Timur,” tambah Effendi.

“Semen Padang FC juga akan mengusulkan pertandingan tetap di mainkan home dan away dan dengan penonton yang datang ke stadion sesuai kuota secara bertahap dengan syarat sesuai prokes serta penonton telah di vaksin dan di test anti COVID-19 sebelum masuk stadion,” pungkas Effendi Syahputra yang juga Direktur Operasional Semen Padang FC.

○○○○

Tim bombastiklabausirah.com

Pict : @semenpadangfcid