Bombastikkabausirah.com – Selasa (06/07/2021)

Berdasarkan laman transfermarkt, setidaknya ada 5 tim paling berharga di Liga 2 Indonesia musim 2021. Sementara tim Liga 1 Indonesia 2021 yang paling berharga menurut transfermarkt adalah Bali United kemudian diikuti Persib Bandung.

Kedua tim ini wajar mendapatkan predikat tersebut. Lantaran keduanya memiliki fans yang luar biasa serta finansial yang juga sangat baik. Bahkan meski dalam kondisi pandemi seperti ini nyaris tak ada pemain yang hengkang.

Posisi ketiga ada Bhayangkara Solo FC, sedangkan pada posisi keempat ada Pusamania Borneo FC. Semenjak menjadi juara Liga, Bhayangkara menjelma jadi tim yang sangat baik secara materi pemain dan juga finansial.

Pusamania Borneo FC juga jadi tim kaya Kalimantan yang mampu bertahan di tengah sengitnya Liga 1 Indonesia. Tim berjuluk Pesut Etam ini juga memiliki materi pemain yang luar biasa.

Klub terakhir adalah kebanggaan arek-arek Suroboyo yaitu Persebaya Surabaya. Fanatisme suporter yang luar biasa serta pemain yang memiliki kualitas tinggi ini berada di posisi kelima.

Seperti halnya Liga 1 Indonesia 2021, Liga 2 Indonesia 2021 juga punya klub yang paling berharga. Klub mana saja? Simak ulasannya berdasarkan laman transfermarkt.

Posisi kelima tim yang dinakhodai oleh coach Bambang Nurdiansyah yaitu RANS Cilegon FC. Tim milik Raffi Ahmad dan Rudy Salim ini memiliki nilai Rp 18,69 miliar.

Posisi keempat adalah Martapura FC atau musim ini bernama Dewa United. Tim asuhan Kas Hartadi ini memiliki nilai Rp 19,12 miliar.

Posisi ketiga datang dari tim asal Sumatera yaitu Semen Padang FC. Tim di mana Genta Alparedo bermain ini memiliki nilai Rp 20,86 miliar.

Posisi runner up alias kedua ada Muba Babel United. Meski tak begitu jor-joran dalam transfer musim ini, nyatanya tim asuhan Jafri Sastra ini memiliki nilai Rp 22,16 miliar.

Posisi puncak ditempati tim yang punya 12 striker yaitu Persis Solo. Tim asuhan Eko Purjianto memiliki nilai pasar yang luar biasa yaitu Rp 40,41 miliar.

Berikut urutan tim Liga 1 Dan Liga 2 Indonesia paling berharga menurut transfermarkt

Liga 1 Indonesia 2021

1. Bali United

2. Persib Bandung

3. Bhayangkara Solo FC

4. Borneo FC

5. Persebaya Surabaya

Liga 2 Indonesia 2021

1. Persis Solo

2. Muba Babel United

3. Semen Padang FC

4. Dewa United

5. RANS Cilegon FC

○○○○

Sumber : galuh.id

Pict : 📷 @semenpadangfcid