Indonesia U22 akhirnya melangkah ke final Piala AFF U22 tahun 2019, dan akan menghadapi Thailand U22, di Stadion Olympic National, Phnom Penh, Kamboja. Selasa (26/2) malam.

Pencapaian ini sejatinya diluar rencana, karena federasi dan pelatih Indra Syafri coba menata ekspektasi mereka yang baru terbentuk pertengahan Januari ini.

Dua kali imbang di fase grup, kemudian membungkam tuan rumah Kamboja hingga kemenagan tipis lawan Vietnam di semifinal, membuat kini tak ada target lain, kecuali juara.

“Mudah-mudahan tak hanya final, tapi juga menjadi juara, di final kedua saya di level Timnas yang berbeda,” kata coach Indra yang pernah juara Piala AFF bersama Timnas U19, di Sidoarjo tahun 2013.

Mengenai Thailand sendiri, mereka melangkah ke final setelah membungkam tuan rumah Kamboja melalui drama adu pinalti. Membawa pemain rata-rata masih dibawah umur 20 tahun, bukan berarti Thailand punya kualitas dibawah kita.

“Seperti diawal turnamen saya bilang, semua tim yang ikut turnamen ini kualitas semakin merata. Thailand kami sering bertemu dan sudah sama-sama tahu kekuatan masing-masing,” papar Indra.

“Saat kemarin lawan Kamboja di semifinal saya melihat permainan mereka selama 120 menit. Mudah-mudahan kami bisa mengantisipasi mereka,” tukas pelatih berusia 56 tahun tersebut.

Thailand U22 menjalani semifinal yang lebih berat dan menguras tenaga. Karena Kamboja U22 begitu kuat sehingga memaksa laga harus diselesaikan lewat drama adu pinalti setelah bermain imbang tanpa gol selama 120 menit.

“Kondisi pemain tentu menjadi hal utama yang harus dipikirkan, tapi bagaimanapun situasinya kami harus siap,” kata Alexandre Gama pelatih Thailand.

“Ini laga terakhir, kami harus benar-benar berjuang untuk bisa meraih hasil. Indonesia mengandalkan fisik, dan mereka begitu fight,” sambung pelatih asal Brazil.

“Kami berbicara secara pribadi kepada pemain soal apa yang harus mereka benahi, dan kami siap membawa trophi,” tutupnya.

Trophi Piala AFF U22 memang bukan tujuan utama pasukan Garuda Muda, melainkan awal dari langkah mereka, untuk mencapai target sebenarnya, mulai dari lolos ke Piala Asia U23 2020 demi jalan ke Olimpiade, hingga medali Emas SEA Games yang sudah lama di dambakan.

Sumber : goal.com