Bombastikkabausirah.com – Minggu (18/07/2021)

Tim pelatih Timnas Indonesia bingung menentukan skuat yang dipersiapkan untuk menghadapi Piala Asia U-23 2022. Bagaimana tidak, kompetisi di Tanah Air belum berjalan dan tidak tahu kapan kick-off.

Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 akan digelar pada 27-31 Oktober 2021. Skuat Garuda yang menjadi salah satu tuan rumah kualifikasi berada di Grup G bersama Australia, China, dan Brunei.

Menjadi tuan rumah Grup G, PSSI menargetkan Timnas Indonesia U-23 bisa lolos ke putaran final. Namun, di tengah target tinggi itu, tim pelatih Merah-Putih sedang bingung memilih pemain.

Bukan karena tidak ada pemain, tetapi karena tidak ada kompetisi untuk memantau performa pemain bersama klub. Apalagi di masa PPKM ini, beberapa tim meliburkan aktivitas tim.

Praktis kondisi pemain bakal turun meski digembleng susah payah oleh tim pelatih sebelumnya di Timnas Indonesia.

“Untuk persiapan saat ini yang mungkin kita ada sedikit terkendala dengan belum bergulirnya kompetisi baik itu Liga 1 atau Liga 2 Indonesia 2021,” kata asisten pelatih Timnas Indonesia, Nova Arianto, dikutip dari Suara.com.

“Saya juga melihat saat kembali ke tim, banyak klub yang meliburkan pemain karena PPKM,” lanjutnya.

“Selain itu dengan tidak ada latihan dengan tim, kondisi pemain tidak akan maksimal. Sehingga akan memerlukan waktu kembali ketika berlatih bersama,” tuturnya menambahkan.

Walau terhalang berbagai rintangan karena kondisi, Nova Arianto optimis skuat Garuda bakal bisa bersaing di Grup G. Sebab, menurutnya, kemampuan pemain muda antar negara tidak jauh berbeda meskipun itu China atau Australia.

“Kita harus tetap punya rasa optimis dan di sisa waktu yang ada sampai bulan September nanti kita akan melakukan kerja keras dari semua anggota Timnas Indonesia U-23,” tutup mantan pemain Persib Bandung itu.

Seperti diketahui Indonesia belum pernah lolos ke putaran final Piala Asia U-23 sejak kejuaraan itu dibuat pada 2012. Namun, semoga target tinggi dari PSSI bisa menjadi pelecut untuk tim asuhan Shin Tae-yong untuk lolos kali pertama dalam sejarah.

Sebagai informasi, beberapa negara tetangga Asia Tenggara sudah pernah mencicipi rasanya lolos ke putaran final Piala Asia U-23. Mereka adalah Malaysia, Myanmar, Thailand, dan Vietnam. Bahkan, Vietnam berhasil mencapai final pada edisi 2018.

○○○○

Sumber : vocket.com

Pict : 📷 @pssi