Bombastikkabausirah.com – Rabu (28/04/2021)

Para kontestan Liga 2 Indonesia 2021 harus siap-siap gigit jari, sebab turnamen pramusim yang dijanjikan oleh PSSI dan PT LIB untuk 24 klub kasta kedua sepakbola nasional sepertinya urung tersaji.

Waktu yang sangat mepet, dan penyegeraan penyelenggaraaan kompetisi resmi menjadi alasan kuat bagi PSSI maupun PT LIB untuk meniadakan kompetisi pramusim bagi klub-klub Liga 2 Indonesia 2021.

Tapi ada hal yang cukup menggembirakan, meski turnamen pramusim untuk 24 klub Liga 2 Indonesia 2021 batal diselenggarakan, PSSI dan PT LIB melalui Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno menyatakan bahwa pihaknya sedang fokus mengurus perizinan kompetisi.

Ia bahkan menjelaskan bahwasanya saat ini mereka sedang mengusulkan permohonan izin langsung untuk dua kompetisi sekaligus, yakni Liga 1 Indonesia 2021 dan Liga 2 Indonesia 2021. Artinya jika izin keluar, Liga 1 akan kickoff tanggal 3 Juli dan akan disusul Liga 2 dua pekan setelahnya sekitar tanggal 17 Juli 2021.

“Sekarang kami sedang rancang draf-nya seperti apa, tapi jika melihat jadwal dan keadaan saat ini kalau dilakukan pramusim waktunya sangat mepet,” ujar Sudjarno seperti yang kami kutip dari jawapos.com.

Sudjarno menyadari, turnamen pramusim sangat dibutuhkan klub-klub yang akan berkompetisi baik Liga 1 maupun Liga 2. Tapi kemudian dia menjelaskan, Piala Menpora 2021 bukan hanya sekedar turnamen pramusim atau pemanasan jelang kompetisi sebenarnya bergulir.

Akan tetapi, Piala Menpora 2021 juga menjadi pembelajaran bagaimana menerapkan protokol kesehatan yang tepat selama pandemi. Artinya, ofisial tim, panitia pelaksana, media officer hingga tim medis dll memahami protokol kesehatan dalam pertandingan.

“Untuk tim Liga 1 ini (Piala Menpora 2021) dibabak fase grup sampai sekarang, harus ada empat delegasi khusus mempelajari protokol kesehatan,” jelasnya menambahkan.

Nah, yang paling logis adalah workshop diadakan untuk memberikan pelajaran tentang prokes kepada 24 tim Liga 2. Sudjarno menyatakan bahwa pihaknya sudah menyiapkannya. Setelah Lebaran, workshop protokol kesehatan untuk klub-klub Liga 2 akan dilakukan.

Langkah selanjutnya adalah mengirim tim dari LIB ke kota-kota yang nanti ditunjuk sebagai tuan rumah Liga 2. Tentu harus ada syaratnya. Yakni, format Liga 2 dibagi menjadi empat grup seperti yang diusulkan tahun lalu.

Jika format itu disetujui PSSI, PT LIB langsung akan mengirim tim-timnya ke empat kota yang menjadi tuan rumah untuk memantau, melaksanakan, dan memberikan pelajaran kepada panpel lokal terkait dengan penerapan prokes.

”Kami sudah usulkan empat grup itu kepada federasi. Nanti bisa satu grup itu kompetisi penuh atau bagaimana. Jumlah pertandingannya bisa lebih banyak dan tetap ada tim yang promosi juga,” terangnya.

Apa lagi setelah kejadian yang terjadi pasca pergelaran Piala Menpora 2021 dimana terjadi pelanggaran yang cukup mempersulit situasi. Yang mana melibatkan oknum suporter dari Persib Bandung dan Persija Jakarta. Berdasarkan update terbaru Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 akan kembali mempertimbangkan pemberian izin terhadap bergulirnya kompetisi.

○○○○

Tim bombastikkabausirah.com

Pict : 📷 google.com