Bombastikkabausirah.com – Kamis (15/07/2021)

Timnas Indonesia U-23 akan tampil di babak Kualifikasi Piala Asia U-23 Uzbekistan 2022. Timnas Indonesia U-23 tergabung di grup G yang dinilai sangat berat karena dihuni oleh Australia, China dan Brunei Darussalam.

Meski demikian Indonesia sedikit diuntungkan karena akan bertindak sebagai tuan rumah. PSSI sendiri melalui Sekretaris Jenderal (Sekjen), Yunus Nusi, telah mematok target tinggi untuk skuad Garuda. Yakni lolos keputaran final Piala Asia U-23.

“Kami menargetkan Indonesia dapat lolos ke putaran final Piala AFC U-23 2022, apalagi kami menjadi tuan rumah Grup G,” ujar Sekjen PSSI Yunus Nusi, seperti yang kami kutip dilaman resmi PSSI.

“PSSI ingin pelatih Shin Tae-yong dapat mempersiapkan tim dengan maksimal untuk mengikuti event tersebut. PSSI tentu mendukung penuh program latihan dari pelatih Shin Tae-yong demi torehan terbaik Timnas Indonesia,” lanjutnya.

Selain itu, secara mengejutkan, dua tim rival, Australia dan China yang berada digrup yang sama justru memuji Timnas Indonesia sejak ditangani pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong.

“Kami pernah berjumpa dengan Timnas Indonesia U-23 ditahun 2012. Saat itu kami harus bersusah payah untuk untuk menang. Skor akhir 1-0 mencerminkan bagaimana susahnya untuk mengalahkan Timnas Indonesia,” tulis media Australia.

“Itu dulu, apalagi sekarang Timnas Indonesia sudah jauh berkembang sejak diarsiteki pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong yang sudah sangat berpengalaman, sampai ke Piala Dunia bersama negaranya,” lanjut media Australia tersebut.

Hal yang sama juga dilakukan media asal negeri tirai bambu, China, Nguoi Dua Tin. Media ini bahkan menyebut kalau Timnas Indonesia U-23 jauh lebih baik dari pada Timnas Vietnam U-23.

“Secara keseluruhan, generasi kelahiran 1999 Vietnam masih kalah dengan generasi 1995 atau 1997, meskipun ada pemain seperti Doan Van Hau. Dalam beberapa tahun terakhir, kekuatan pemain muda Indonesia lebih kuat dari Vietnam,” tulis media tersebut.

“Indonesia memiliki beberapa talenta muda yang bermain di Eropa. Timnas Indonesia U-23 adalah tim dengan persiapan terbaik di ajang Kualifikasi U-23 Asia. Selain itu, pelatih Shin Tae-yong dan anak-anak asuhnya juga memiliki keunggulan di lapangan,” lanjut media China tersebut.

“Pelatih Korea itu telah menerapkan strategi ‘perubahan darah’ skala besar dan menerapkan taktik yang sangat baru untuk Indonesia U-23,” lanjut media yang bernama Nguoi Dua Tin itu.

Meski demikian Timnas Indonesia U-23 jangan sampai terlena oleh pujian tim-tim rival. Sebab bagaimanapun hal itu tidak akan mengubah hasil pertandingan dilapangan.

Shin Tae-yong dan anak asuhnya meski tetap waspada jika ingin menjaga asa untuk lolos ke putaran final Piala Asia U-23 Uzbekistan 2022. Sebab bagaimana pun juga, Australia dan China adalah raksasa Asia dan langganan turnamen ini. Sementara Indonesia belum sakalipun lolos ke ajang tersebut.

Adapun pertandingan Grup G Kualifikasi Piala Asia U-23 berlangsung pada 27 hingga 31 Oktober mendatang. Dilansir dari laman resmi PSSI, Indonesia akan lebih dulu menghadapi China pada 27 Oktober 2021. Dua hari kemudian Indonesia akan melawan Australia sebelum berhadapan dengan Brunei Darussalam di laga terakhir.

Ada 42 tim yang bersaing di kualifikasi ini, yang dibagi ke 11 grup. Juara grup akan lolos otomatis ke putaran final ditambah empat tim peringkat kedua terbaik dari seluruh grup. Ke-15 tim itu akan bergabung dengan tuan rumah Uzbekistan sebagai peserta Piala Asia U-23 2022. Putaran final ini akan berlangsung tanggal 1-19 Juni 2022.

○○○○

Tim bombastikkabausirah.com

Pict : 📷 google.com