Turnamen Pra Musim yang sudah rutin diselanggarakan tiga tahun terkhir, Piala Presiden kembali akan digelar awal bulan maret. Tepatnnya tanggal 2 maret 2019. PSSI sebagai penyelenggara telah melakukan persiapan, bahkan persiapannya telah memasuki tahap akhir.

Dari waktu pelaksanaan, jumlah tim peserta sudah ditentukan yaitu sebanyak 20 tim. Dan update terakhir, pekan depan pemilihan lima tuan rumah dan undian grup akan dilakukan.

Wakil ketua umum PSSI, Iwan Budianto, menyampaikan untuk venue tuan rumah, semua tempat atau semua klub berpeluang menjadi tuan rumah di fase grup ini. “Semua masih punya peluang yang sama menjadi tuan rumah. Pertimbangannya pasti fasilitasnya memenuhi syarat, akses mudah dan penginapan banyak tersedia.” Kata Iwan Budianto.

Sementara dari segi peserta sudah ditentukan yakni 20 klub, 18 klub peserta Liga 1 tahun 2019 ditambah dua slot lagi diisi Persita Tangerang (Peringkat 4 Liga 2 tahun 2018) dan Mitra Kukar (Tim degradasi dengan peringkat terbaik). “Untuk kepastian rilisnya, nanti setelah Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), PT. LIB (Liga Indonesia Baru) tanggal 20 Februari akan di rilis. Baik untuk sistim, venue dan sebagainya.” Lanjut Iwan Budianto.

Pada tiga edisi sebelumnya, Persib Bandung, Arema FC dan Persija Jakarta keluar sebagai juara.