Bombastikkabausirah.com – Minggu (18/07/2021)

Kompetisi Liga Indonesia masih ditunda menyusul belum meredanya kasus Covid-19 di Tanah Air. Meski sejumlah klub di Liga 1 dan Liga 2 Indonesia 2021 ada yang meliburkan latihan, ternyata punggawa PSPS Riau tetap beraktivitas seperti biasa.

Masuknya pengusaha asal Malaysia ke Askar Bertuah julukan PSPS, tentu saja menjadi angin segar bagi klub Liga 2 itu. Bahkan, trio asal Aceh sudah berlabuh ke PSPS sejak latihan dimulai. Ketiga pemain itu yakni Mursal Zulfikar, Muhammad Fani Aulia dan Syahrizal Syahbuddin.

“Ya bang, saat ini saya bersama Fani dan Syahrizal sudah latihan di PSPS,” ungkap mantan winger PSMS Medan, Mursal, seperti yang kami kutip dari serambinews.com, Sabtu (17/7).

Sementara pada musim sebelumnya, PSPS yang dilatih pelatih asal Malaysia, Raja Isa mengontrak Mursal, Muhammad Fani Aulia plus Faumi Syahreza. Keberadaan tiga pemain asal Aceh di kubu PSPS Riau tentu saja menjadi ajang reuni bersama dengan mantan pelatih mereka, Simon Pablo Elissetche.

Sebagaimana diketahui, Mursal, Fani dan Syahrizal pernah dilatih Simon Elissetche ketika sama-sama membela klub yang sudah bubar, Aceh UnitedFC. Kala itu, mereka bahu membahu bermain di kompetisi Liga 2 Indonesia musim 2018. Hasilnya, kerja sama mereka membuahkan hasil dengan meloloskan Aceh United FC ke babak delapan besar.

Khusus untuk Syahrizal, ini menjadi kerja sama ketiga dengan Simon Elissetche. Sebelum di Aceh United FC dan PSPS, Syahrizal pernah ditangani pada saat membela PSSB Bireuen tahun 2012 di divisi utama. Ketika itu, Syahrizal bersama dengan rekan-rekannya baru saja pulang dari latihan selama tiga tahun di Paraguay.

Lama tak terdengar persiapan Tim PSPS Riau, pasca saham kepemilikannya dikuasai pelatih asal Malaysia Norizam Tukiman. Diam-diam direksi dan manajemen PSPS, menggaet mantan pelatih PSSB Bireuen asal Chile, Simon Elissetche. Dengan demikian, Simon Elissetche sudah dipastikan akan menukangi Askar Bertuah di Liga 2 Indonesia 2021.

“Ya, kita sudah resmi akan bekerjasama dengan coach Simon dari Chile,” kata Sekretaris PSPS Riau M, Teza Taufik, beberapa waktu lalu seperti yang kami kutip dari tribunpekanbaru.com.

Dijelaskannya, bahwa Presiden PSPS Riau Norizam Tukiman, sekaligus pemilik klub, secara tegas kembali memilih pelatih asing, untuk menangani PSPS Riau untuk berlaga di Liga 2 Indonesia musim ini.

Langkah ini diambil, untuk satu bukti keseriusannya dalam mengarungi kompetisi, dan tidak main-main, dalam target menaikkan marwah Riau di sepakbola Indonesia.

“Untuk manajemen sudah rampung. Seharusnya berbarengan dengan head coach (Simon). Namun karena teknis, yang final duluan adalah pelatih kepala,” terang Teza.

Kenapa PSPS Riau memilih Simon Elissetche untuk mengarsiteki tim kebanggaan masyarakat Lancang Kuning ini? Hal ini tentu berdasarkan prestasi yang sudah ditorehkannya di kancah persepakbolaan Tanah Air.

Simon pernah membawa Aceh United, masuk dalam babak 8 besar Liga 2 Indonesia 2018. Hanya saja, meski sukses meloloskan tim ke babak delapan besar, kebersamaan Simon Pablo harus berakhir dengan Aceh United. Dibabak tersebut Aceh United dilatih oleh Bonggo Pribadi.

Kala itu, Aceh United memutus kontrak tiga anggota tim pelatih yaitu Simon Elissetche (Pelatih Kepala), Markus Haris Maulana (Pelatih Kiper), dan Mulya Saputra (Pelatih Fisik) . Selain itu, pemain yang tak lagi bersama Aceh United antara lain Rully Desrian (kiper),  Zikri Akbar dan Septian Hadi (bek),  Reza Fandi dan Firdaus (tengah), serta Yongky Aribowo.

Kemudian, Simon Elissetche pernah juga menjadi pelatih Timnas Timor Leste. Bahkan, pernah juga melatih klub Timor Leste, La Lenok FC dan membawa timnya Juara di Liga Timor Leste. Lalu bersama Karketu FC juga juara ditahun 2016. Di Indonesia sendiri, Simon sudah kenal dengan denyut nadi sepakbola Tanah Air.

Karena, sudah 10 tahun dia bermukim di Indonesia. Meski keluar masuk, karena harus melatih di luar negeri. Istri Simon sendiri orang Indonesia asal Padang, Sumatera Barat. Saat ini berdomisili di Kendari, Sulawesi Tenggara.

○○○○

Sumber : serambinews.com

Pict : 📷 @pspsriau