Ukir Sejarah Besar, Filipina Lolos Ke Piala Dunia!

Bombastikkabausirah.com – Kamis (03/02/2022)

Pergelaran Piala Asia Wanita 2022 di India telah merampungkan babak 8 besar pada Minggu (30/1) lalu dan babak Semifinal pada Kamis (3/2) sore hingga malam ini.

Adapun empat tim yang berhasil menembus semifinal Piala Asia Wanita 2022 adalah Jepang, Korea Selatan, China, dan Filipina.

Dan dibabak semifinal Korea Selatan berhasil mengalahkan tim kejutan Filipina dengan skor 2-0. Dan dilaga lain, Jepang mengandaskan perlawan China 1-0. Sehingga berhak menjadi penantang Korea Selatan dilaga puncak.

Namun dari empat tim semifinalis, Filipina menjadi tim yang paling mencuri perhatian. Mereka membuat kejutan besar dan menebar banyak inspirasi setelah memenangi babak 8 besar dan memastikan satu tempat di semifinal.

Artinya dengan capaian babak semifinal, Filipina berhasil menyegel satu tiket ke Piala Dunia Wanita 2023 yang akan dihelat di Australia dan Selandia Baru.

Pada 8 besar, Filipina berhasil memetik kemenangan dramatis atas Taiwan. Mereka menang lewat adu pealti dalam laga yang berlangsung di Shree Shiv Chhatrapati Sports Complex, Pune, India.

The Malditas, julukan Timnas Putri Filipina, harus berjuang hingga adu penalti setelah bermain imbang 1-1 sampai babak tambahan waktu atau extra time usai.

Lalu, pada babak adu penalti, Filipina mampu mengguli Taiwan dengan skor 4-3.

Kiper Filipina, Olivia McDaniel, menjadi pahlawan setelah dirinya melakukan dua penyelamatan dan mencetak satu gol dalam adu penalti. Sehingga skor 4-3 untuk kemenangan Filipina.

Melansir laman resmi AFC, ini adalah kali pertama T.imnas putri Filipina mampu menembus semifinal turnamen kontinental.

Pencapaian tersebut juga menjadi catatan emas bagi persepakbolaan Filipina, mengingat mereka akan tampil di putaran final Piala Dunia untuk kali pertama dalam sejarah!

Pelatih timnas putri Filipina, Alen Stajcic, mengatakan bahwa pencapaian ini akan membuat bibit-bibit muda di Filipina memiliki inspirasi dan keyakinan untuk kembali menembus Piala Dunia pada masa mendatang.

“Kini semua bocah, laki-laki maupun perempuan, di Filipina tahu bahwa mereka punya inspirasi untuk mencapai Piala Dunia mereka sendiri,” kata Stajcic, dikutip dari laman resmi FIFA.

“Saya tahu tim ini sangat bangga dengan satu sama lain, tetapi saya yakin mereka lebih bangga karena telah memberikan inspirasi untuk generasi mendatang,” ujar Stajcic.

Garuda Pertiwi yang baru kali pertama mentas di Piala Asia Wanita setelah penantian 33 tahun, pulang dengan membawa banyak pelajaran.

Kini, timnas putri Indonesia pun bisa belajar banyak dari perjalanan penuh inspirasi yang diukir Filipina.

Adapun tiket Piala Dunia 2023 dari Zona Asia bukan hanya menjadi milik Filipina, Jepang, Korea Selatan, dan China.

Terdapat tiga tim lain yang masih akan berjuang meraih tiket sisa lewat jalur play-off. Mereka adalah Thailand, Vietnam, dan Taiwan.

Ketiga tim tersebut sama-sama menelan kekalahan pada babak 8 besar Piala Asia Wanita 2022.

Raksasa sepak bola putri, Australia, juga menjadi salah satu tim yang menelan kekalahan kala berjuang di 8 besar.

Mereka takluk 0-1 dari Korea Selatan yang berhasil memberi kejutan lewat gol jarak jauh gelandang Chelsea, Ji So-yun, pada menit ke-87.

Namun, Australia tak perlu mengikuti play-off karena mereka akan menjadi tuan rumah dalam pergelaran Piala Dunia Wanita 2023.

Hasil Lengkap Perempat Final Piala Asia Wanita 2022:

Jepang 7-0 Thailand

Australia 0-1 Korea Selatan

China 3-1 Viernam

Taiwan 1-1 Filipina (penalty 3-4)

Hasil Lengkap Semifinal Piala Asia Wanita 2022:

Korea Selatan 2-0 Filipina

Jepang 2-2 China (penalty 3-4)

○○○○

Tim bombastikkabausirah.com

Pict : 📷 @phifootballfederation

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *