Usai Dihajar Vietnam 1-3, China Kepincut Dengan STY Yang Kontraknya Akan Berakhir 2023

Bombastikkabausirah.com – Selasa (08/02/2022)

Aksi Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia membuat Timnas China kesengsem. Apakah ini pertanda Shin Tae-yong akan direbut Timnas China ketika kontraknya bersama PSSI berakhir pada 31 Desember 2023?

Netizen Indonesia jangan khawatir dulu. Benar, Federasi Sepakbola China (CFA) kesengsem kepada Shin Tae-yong, tapi bukan untuk digamit melainkan sebagai referensi.

Menurut laporan media Vietnam, Zing News, CFA takjub kepada Shin Tae-yong yang sanggup membuat Timnas Indonesia menahan gempuran pemain-pemain Vietnam di Piala AFF 2020.

Padahal, di ajang tersebut Vietnam datang dengan skuad terbaiknya. Sementara itu, Timnas Indonesia hanya menurunkan pemain-pemain muda minim pengalaman.

Dibilang begitu karena tercatat hanya tiga pemain, yakni Evan Dimas, Fachrudin Aryanto dan Victor Igbonefo, personel Timnas Indonesia yang sebelumnya pernah merasakan atmosfer Piala AFF sebelum edisi 2020.

Namun, pemain-pemain muda yang dibawa Shin Tae-yong tampil luar biasa. Selain menahan Vietnam 0-0, Timnas Indonesia menang 4-1 atas Malaysia dan menghancurkan Singapura 5-3.

Meski kalah di final dari Thailand, apresiasi diberikan kepada Shin Tae-yong dan Timnas Indonesia. Bagaimana dengan Timnas China?

Dibantu beberapa pemain naturalisasi dan personel senior, China dihajar Vietnam 1-3 di matchday kedelapan babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023, Selasa (1/2) malam WIB. Akibatnya, China dipastikan gagal lolos ke Piala Dunia 2022.

Menurut laporan Zing News, China tertarik mengikuti langkah Timnas Indonesia dan Vietnam yang terbukti berhasil bersama pelatih asal Korea Selatan. Kabarnya, CFA tertarik mengontrak pelatih Hebei FC asal Korea Selatan, Kim Jong-boo.

Kim Jong-boo ini cukup akrab dengan gelar juara. Pada 2017, ia membawa klub, Gyenongnam FC, kampiun K League 2 2017 sekaligus promosi ke kasta teratas pada awal 2018.

Jika Kim Jong-boo datang, otomatis pelatih China sekarang, Li Xiaopeng bakal terpental. Padahal, Li Xiaopeng baru diresmikan sebagai pelatih Timnas China pada 3 Desember 2021.

○○○○

Sumber : okezone.com

Pict : 📷 @pssi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *