Bombastikkabausirah.com – Rabu (13/10/2021)

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengaku bangga dengan sepakbola Indonesia usai menyingkirkan Taiwan pada playoff Kualifikasi Piala Asia 2023.

Timnas Indonesia memastikan lolos ke Kualifikasi Piala Asia 2023 usai menang 3-0 atas Taiwan pada leg kedua di Chang Arena, Buriram, Thailand, Senin (11/10) malam waktu Indonesia.

Tiga gol kemenangan Indonesia dicetak tiga pemain muda yaitu Egy Maulana Vikri, Ricky Kambuaya, dan Witan Sulaeman.

Kemenangan itu membuat Timnas Indonesia lolos dengan agregat 5-1 atas Taiwan. Di leg pertama, tim Merah Putih juga menang dengan skor tipis 2-1 berkat gol-gol dari Ramai Rumakiek dan Evan Dimas Darmono.

“Sepakbola Indonesia membuat saya bangga,” ucap Shin Tae-yong dengan penuh kegembiraan seperti dilansir dari msn.com.

Shin Tae-yong melalui jalan panjang untuk meraih dua kemenangan pertamanya di Timnas Indonesia. Pelatih asal Korea Selatan itu lebih dulu menangani Timnas Indonesia di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia yang berakhir mengecewakan.

Shin Tae-yong memimpin Timnas Indonesia yang berkekuatan banyak pemain muda setelah Indonesia dipastikan tersingkir dari persaingan karena menempati posisi juru kunci grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Timnas Indonesia melakoni tiga laga tersisa Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Dubai, Uni Emirat Arab. Hasilnya imbang 2-2 melawan Thailand dan kalah 0-4 dari Vietnam serta 0-5 dari Uni Emirat Arab.

Posisi juru kunci grup G juga berarti Timnas Indonesia harus bertarung lewat babak playoff untuk lolos ke Kualifikasi Piala Asia 2023. Perubahan skuad pun dilakukan Shin Tae-yong seiring kembali bergulirnya kompetisi di tanah air.

Beberapa muka baru dipanggil seperti Ramai Rumakiek, Miftah Sani, hingga Ricky Kambuaya. Hasilnya, Timnas Indonesia bisa menjungkalkan Taiwan dengan agregat 5-1.

“Kompetisi profesional yang terhenti karena Covid-19 telah berjalan. Para pemain Indonesia secara keseluruhan punya skill bagus,” ucap Shin Tae-yong.

○○○○

Sumber : cnnindonesia.com

Pict : @pssi