Bombastikkabausirah.com – Minggu (08/08/2021)

Filipina resmi menggeser peringkat Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020 setelah Carlo Paalam memastikan medali perak dari cabang olahraga tinju kelas terbang.


Paalam meraih medali perak setelah kalah dari wakil Britania Raya, Galal Yafai, Sabtu (7/8) siang WIB. Paalam kalah angka 1-4 dari Yafai yang berhak meraih medali emas.

Paalam sempat mencium kanvas di ronde pertama. Namun, ia bisa bangkit dan bahkan mendominasi pertandingan di ronde ketiga meski tak cukup untuk membantunya meraih medali emas.

Medali perak yang diraih Paalam membuat Filipina sudah meraih empat medali di Olimpiade Tokyo 2020. Rinciannya satu medali emas, dua medali perak, dan satu medali perunggu.

Filipina pun naik ke posisi ke-45 di klasemen sementara perolehan medali hingga Sabtu pukul 12.30 WIB. Filipina berada lima tingkat lebih baik dibandingkan dengan Indonesia.

Indonesia yang sudah menyelesaikan perjuangan di Olimpiade Tokyo 2020 harus rela turun posisi ke-50. Indonesia turun satu tingkat jika mengacu posisi sebelumnya pada Jumat (6/8) malam.

Indonesia mengakhiri kiprah di Olimpiade Tokyo 2020 dengan torehan 1 medali emas, 1 medali perak dan tiga perunggu.  Satu-satunya medali emas disumbangkan oleh ganda putri, satu-satunya medali emas disumbangkan ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu.

Hasil ini juga membuat Filipina menggeser Indonesia sebagai negara ASEAN terbaik di Olimpiade Tokyo 2020. Filipina kini menempati posisi pertama diikuti Indonesia, Thailand, dan Malaysia.

Thailand saat ini berada di peringkat ke-57, sejajar dengan Estonia, Fiji, dan Latvia. Sementara Malaysia berada di peringkat ke-83. Sementara Vietnam salah satu negara terkuat di kawasan ASEAN pulang tanpa membawa sekeping pun medali.

○○○○

Sumber : cnnindonesia.com

Pict : 📷 google.com