Walau Dapat Tiga Penalti, Arab Saudi Ditahan 3-3 Oleh Timnas Indonesia U-19

Bombastikkabausirah.com (Sabtu, 12/09/2020)

Tidak ada pemenang dalam pertandingan Timnas Indonesia U-19 vs Arab Saudi U-19.

Laga Timnas U-19 vs Arab Saudi U-19 dihelat di Stadion Igrastile, NK Polet, Sveti Martin na Mauri, Kroasia, Jumat (11/9) berakhir dengan skor imbang 3-3.

Arab Saudi U-19 ungggul tiga gol lebih dulu lewat Khalil Ibrahim Alabsi (27′ -p), Mohammed Khalil Marran (33′ -p), dan Essa Khaleel Althekralla (37′).

Timnas U-19 membalasnya melalui gol yang dicetak oleh Irfan Jauhari pada menit ke-45+1′, Saddam Gaffar (53′), dan Braif Fatari (90+2′).

Babak Pertama (I)

Arab Saudi memulai kick-off. Mreka mendapat peluang pertama melalui tendangan bebas ketika laga belum genap dua menit.

Beruntung, set piece yang dilancarkan Ahmed Alghamdi tidak membahayakan gawang Timnas U-19 yang dijaga oleh Muhammad Adi Satryo.

Timnas U-19 membalas dengan melakukan serangan balik cepat pada menit ketiga melalui tusukan Pratama Arhan dari sisi kanan, tetapi masih bisa diredam barisan belakang Arab Saudi.

Pada menit ketujuh, ada peluang ketika Braif Fatari berdiri bebas di dalam kotak penalti lawan dengan bola di kakinya.

Namun, peluang tersebut gagal membahayakan gawang Arab Saudi karena first touch dari Braif tidak sempurna, sehingga bola terlepas dari kakinya.

Memasuki menit ke-10, Timnas Indonesia U-19 mendapat peluang terbuka untuk membuka keunggulan.

Brylian Aldama mendapat bola buangan dari pemain belakang Arab Saudi di depan kotak penalti. Dengan ancang-ancang sempurna, Brylian langsung menambak bola menggunakan kaki kanannya.

Sayang, peluang itu terbuang percuma karena bola hasil sepakan Brylian masih melayang di atas gawang Arab Saudi yang dijaga Raed Hussain Ozaybi.

Memasuki 15 menit pertama, Timnas U-19 sebenarnya tampil cukup baik, tetapi mereka terlalu sering kehilangan possession ketika sedang memegang bola.

Hal itu dimanfaatkan oleh Arab Saudi yang saringkali mengancam pertahanan Timnas U-19 lewat umpan-umpan diagonal.

Selain itu, di barisan pertahanan Timnas U-19 kerap kali terjadi miskoordinasi.

Ada momen ketika bola yang seharusnya dikuasai kiper malah diambil oleh pemain belakang.

Petaka terjadi untuk Timnas U-19 pada menit ke-20. Pasukan Garuda Muda dihukum penalti karena ada pelanggaran handball di kotak terlarang.

Beruntung, sepakan 12 pas yang dilakukan Mohammed Khalil Marran membentur mistar gawang.

Pada menit ke-24, Witan Sulaeman melakukan tendangan spekulasi dari sisi kiri. Namun, bola sepakan Witan menggetarkan jala samping gawang Arab Saudi.

Kembali, Timnas U-19 dihukum penalti pada menit ke-27 karena Komang Tri menyentuh bola di kotak terlarang.

Kali ini, sepakan penalti Arab Saudi berhasil menggetarkan gawang Adi Satryo. Gol Arab Saudi dicetak oleh Khalil Ibrahim Alabsi.

Arab Saudi kembali mencetak gol penalti pada menit ke-33. Kali ini yang memobol gawang Timnas U-19 adalah Mohammed Khalil Marran.

Penalti terjadi setelah Brylian Aldama melanggar salah satu pemain Arab Saudi di kotak 16.

Pertahanan Timnas U-19 benar-benar tampil di bawah standar. Mereka gampang ditembus.

Akibatnya, Arab Saudi berhasil menceploskan gol ketiga mereka lewat Essa Khaleel Althekralla pada menit ke-37.

Timnas Indonesia U-19 akhirnya bisa membalas pada masa injury time babak pertama. Umpan silang Witan dari sisi kanan diterusan oleh Irfan Jauhari.

Babak pertama Timnas Indonesia U-19 vs Arab Saudi berakhir dengan skor 1-3.

Babak Kedua (II)

Timnas U-19 memulai kick-off babak kedua. Mereka mencoba mengambil inisiatif melalui pergerakan Pratama Arhan dari sisi kiri.

Arhan melakukan tusukan, tetapi bisa diantisipasi barisan pertahanan Arab Saudi dan hanya menghasilkan lemparan ke dalam untuk Timnas U-19.

Timnas U-19 terus menekan dan akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-53. Umpan tarik Bagas Kaffa dari sisi kanan sampai di kaki Saddam Gaffar yang berdiri bebas di dalam kotak penalti lawan.

Tanpa kesulitan, penyerang Timnas Indonesia U-19 bernomor punggung 29 itu mendorong bola masuk ke dalam gawang Arab Saudi. Skor berubah menjadi 2-3.

Timnas U-19 nyaris menyamakan keududukan menjadi 3-3 pada menit ke-58 andai tandukan Rusadi yang memanfaatkan sepak pojok David Maulana tidak melebar.

Memasuki menit ke-75, baik Timnas U-19 dan Arab Saudi masih terlibat jual beli serangan. Beberapa kali peluang didapatkan kedua kesebelasan.

Namun, peluang-peluang belum ada yang membuahkan hasil karena penyelesaikan akhir yang masih buruk.

Lima menit menjelang laga berakhir, ada kepanikan di lini belakang Arab Saudi. Braif Fatari memanfaatkan itu dengan melakukan aksi individu.

Sayangnya, Fatari terlalu berlama-lama dengan bola, sehingga Timnas U-19 kehilangan momentum untuk mencetak gol penyeimbang.

Gol penyeimbang Timnas U-19 akhirnya lahir pada masa injury time lewat sepakan mendatar Braif Fatari dan memastikan laga berakhir dengan skor imbang 3-3.

Timnas U19 Indonesia (4-4-2): Muhammad Adi Satryo; Pratama Arhan, Ahmad Rusadi, Komang Tri Arta, Mochamad Yudha Febrian; Witan Sulaeman, David Maulana (c), Brylian Aldama, Khairul Zakiri; Braif Fatari, Irfan Jauhari

○○○○

Sumber : kompas.com

Pict : ? @pssi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *